mayouries@gmail.com 03315101602

Mengajar Diniah, Alumni Ini Juga Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris

24 November 2021 Mayouries Dibaca 744 kali Kolom Alumni
Mengajar Diniah, Alumni Ini Juga Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris

Calon Guru Bahasa Inggris, Alumni Ini Akui Suka Mengajar

MA Unggulan Nuris Jember - Suka pelajaran Bahasa Inggris sejak MTs alumni ini mantap memilih jurusan Tadris Bahasa Inggris, yuk simak profil lengkapnya!

Nafiatul Mukhtaroh atau yang akrap dipanggil Nafi’ merupakan alumni MTs Unggulan Nuris lulusan tahun 2019, dan MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2021.

Ketika menjadi siswa, Nafi’ dikenal dengan siswa yang aktif, kreatif serta supel dalam bergaul. Meski demikan siapa yang menyangka jika dia adalah salah satu pengurus keamanan asrama Dalem Timur Pesantren Nuris Jember,  yang biasa dikenal menyebalkan. Berbeda dengan Nafi’ gadis manis asli kota gandrung Banyuwangi ini bisa mengatasi hal tersebut dengan baik, dan tetap memiliki banyak teman baik.

(Baca juga: Pernah Jadi Ketua Ekskul Bahasa Arab, Alumni Ini Mantap Perdalam Bahasa dan Sastra Arab)

Tak hanya itu, ia juga aktif di ekstrakurikuler bahasa bidang olimpiade Bahasa Inggris, meski belum berhasil mendapat nilai TOEFL minimal, namun ia mengaku tak menyerah dan tetap ingin memperdalam Bahasa Inggris.

“Dulu ketika di MA, saya kurang fokus di TOEFL karena masih harus hafalan nadhom dan lain-lain, akhirnya reward ke kampung Inggris-Pare tak tergapai hanya gara-gara kurang sedikit saja nilai TOEFL saya mencapai 500, hal itu membuat saya semakin gencar untuk bisa lolos dan kuliah di Bahasa Inggris,” ungkapnya.

Dan kini gadis kelahiran Banyuwangi, 8 Oktober 2003 ini sudah resmi menjadi mahasiswa jurusan tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, UIN Khas Jember.

“Alasan saya selain karena saya suka Bahasa Inggris, saya juga suka mengajar. Selain itu saya juga punya mimpi ingin keliling dunia dengan mudah, dan membawa ibu saya pergi jalan-jalan ke luar negeri, doakan ya teman-teman,” ungkapnya.  

Nafi’ mengaku sangat bersyukur bisa menjadi salah satu mahasiswa di UIN Khas Jember.

(Baca juga: Tertarik Pelajari Perilaku dan Kepribadian Manusia, Alumni Ini Kuliah Jurusan Psikologi)

“Alhamdulillah saya bersyukur banget bisa kuliah di UIN Khas dan menjadi salah satu mahasiswa di Universitas ini. Rasanya seneng banget karena bisa menambah relasi, pengalaman, dan juga mendapat pelajaran banyak sekali selama menjadi mahasiswa. Ya meskipun masih belum full offline, karena menurut saya, kuliah online itu tidak menyenangkan. Karena di sisi lain kita tidak bisa semaksimal mungkin menyerap ilmu daei dosen, dan tidak disiplin. Terutama masalah waktu,” ujarnya.

“Harapan saya kedepannya, pastinya saya ingin membahagiakan orang tua dan juga keluarga saya, serta dapat menjadi manusia yang bermanfaat dan berguna untuk siapa saja, terutama orang-orang terdekat saya,” ujarnya. .

Nafi’ saat ini belum aktif di organisasi apapun di kampusnya, namun suatu hari nanti ia ingin bisa aktif di organisasi bidang kesenian yaitu Kompi. Hal tersebut karena ia merasa memiliki jiwa seni dan sejak kecil memang suka berkecimpung di kesenian.

Selain menjadi mahasiswa, Nafi’ saat ini juga aktif mengabdi di Pesantren Nuris Jember, khususnya di asrama Dalem Barat. Ia membantu mengajar Al Quran, kelas 1S dan diniah di kelas 2B untuk mata pelajaran BMK, nahwu dan sharaf.

“Sejak dulu saya memang suka mengajar, apalagi mengajari adik-adik santri. Dengan mengabdikan diri saya di sini, saya ingin bisa mengembangkan dan mengamalkan ilmu agama yang pernah saya dapat selama menjadi santri,” ujarnya.

Ia juga memberikan kesannya untuk Pesantren Nuris Jember. “Alhamdulillah banyak banget kesan yang saya dapat selama belajar di Nuris,  saya selalu mendapatkan banyak banget pelajaran. Mulai dari kedisiplinan, kebersihan, keamanan, dan banyak lagi. Nuris membuat saya mengerti bahwa menjadi santri tak membuat kita berhenti berkreasi dan berinovasi,”

“Harapan saya untuk Nuris kedepnanya, tentunya saya berharap sekali semoga Nuris dapat menjadi pondok panutan dan juga saya sangat berharap semoga pondok ini menjadi pondok yang berkembang dengan keunggulan aswaja nya, santri santri nya yang berprestasi, serta alumni-alumninya yang luar biasa,” ungkapnya mengakhiri. [Red.Dev]

Nama: Nafi’atul Mukhtaroh
Alamat:Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi
Tempat, tanggal lahir: Banyuwangi, 08 Oktober 2003
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2019 dan MA Unggulan Nuris 2021
Kuliah: S1 Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, UIN Khas Jember

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil