mayouries@gmail.com 03315101602

Diamanahi Pengurus MHQ Pesantren, Dalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember

1 September 2022 Mayouries Dibaca 289 kali Kolom Alumni
Diamanahi Pengurus MHQ Pesantren, Dalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember

Suka Membaca dan Berorganisasi, Pernah Dipercaya jadi Moderator Bedah Buku Pancasila: Sebuah Riset Historis Yuridis dan Teoritis

MA Unggulan Nuris – Nyantri sejak di MTs Unggulan Nuris kemudian melanjutkan ke MA Unggulan Nuris tak lantas membuat pemuda ini beranjak dari Pesantren Nuris Jember hingga detik ini. Cita-citanya yang kuat untuk mendalami akidah aswaja dan membedah kitab klasik membuatnya melanjutkan studi sarjana di Ma’had Aly Nuris Jember.

Junaidi Baghdadi, sosok supel ini menamatkan studi di MTs Unggulan Nuris tahun 2017, lalu berlanjut di MA Unggulan Nuris, jurusan PK hingga lulus tahun 2020 lalu. Setelah itu, ia tetap nyantri di Pesantren Nuris Jember sambil kuliah mendalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember sekaligus menjadi mahasantri angkatan pertama di kampus tersebut.

“Melihat kondisi pemuda kekinian dan perang ideologi yang sangat berbahaya membuat saya semakin yakin untuk tetap mondok dan belajar kitab-kitab klasik terutama akidah ahlussunnah wal jamaah. Sebagai santri harus paham secara total agar dapat menjadi bagian penegak aswaja dari rongrongan aliran-aliran lain yang menyesatkan.” Tutur Junaidi, sapaan akrabnya.

(baca juga: Ini Dia Nahkoda IKMARIS Teranyar, Intip Profilnya Yuk!)

Apalagi tenaga dosen atau muallim di Ma’had Aly Nuris Jember juga mumpuni di bidangnya masing-masing sehingga membuat lelaki kelahiran Sumenep, 04 April 2002 tak ragu untuk belajar di kampus tersebut meski baru didirikan. Bahkan, sejak bulan April 2021 lalu, Ma’had Aly Nuris Jember telah mendapat SK dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Di Pesantren Nuris Jember, Junaidi juga diamanahi tugas kepengurusan di MHQ (Madrasah Hafidz Qur’an) sebagai Waka Kesiswaan. Selain itu, ia juga diamanahi sebagai koordinator divisi keamanan di asrama pusat Pesantren Nuris Jember. Bahkan, ia juga turut aktif di keorganisasi ekstra kampus demi meningkatkan potensi leadership-nya.

“Meski banyak kegiatan yang harus dijalani justru di situ kenikmatannya, tak banyak bersantai saja. Pernah jadi ketua panitia seminar di kampus lalu pernah jadi moderator bedah buku Pancasila: Sebuah Riset Historis Yuridis dan Teoritis, ini menjadi pengalaman yang cukup mengesankan. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama                    : Junaidi Baghdadi
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2020
Kuliah                   : Ma’had Aly Nuris Jember, Prodi Akidah dan Filsafat Islam

 

Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil