mayouries@gmail.com 03315101602

Tips Jaga Imun Agar Tetap Kuat

28 Oktober 2021 Mayouries Dibaca 434 kali Informasi
Tips Jaga Imun Agar Tetap Kuat

Penulis : M. Rizky Ramadhani*

Dalam kehidupan sehari-hari kita butuh menjaga kesehatan diri kita agar tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Nah, dalam artikel ini ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan tubuh. Yuk simak selengkapnya!

(Baca juga: Lima Tips Jadi Juara!

  1. Makan Sayuran Hijau
    Sayuran hijau kaya akan vitamin yang membantu Sobat menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut sebuah percobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.
  2. Konsumsi Vitamin D
    Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Sobat juga bisa membeli suplemen yang mengandung vitamin lengkap.
  3. Olahraga Rutin
    Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Sobat bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Sobat bugar dan langsing. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi setres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.
  4. Meminum Teh Hijau
    Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Teh hijau mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
    Maka itu, karena mudah untuk dilakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sudah banyak dilakukan.
  5. Tidur yang Cukup
    Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.
    Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (riz/reg/jai)

Nah, itulah tips-tips agar tubuh kita tetap sehat setiap hari. Semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas X PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil