mayouries@gmail.com 03315101602

Nahkodai Sebuah Organisasi Islam, Alumni Nuris ini Sosok Leadership Visioner

14 Oktober 2021 Mayouries Dibaca 81 kali Kolom Alumni
Nahkodai Sebuah Organisasi Islam, Alumni Nuris ini Sosok Leadership Visioner

Mantap Terapkan Tradisi Pemikiran Khas Pesantren dalam Berproses meski Jalani Studi Sarjana di Era Kekinian

Keluarga besar MA Unggulan Nuris Jember turut mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya salah satu alumni Nuris ini sebagai ketua umum sebuah organisasi pemuda Islam. Tentu menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa atas kiprahnya di keorganisasian dan patut diacungi jempol. Siapakah gerangan? Yuk kepoin profilnya!

Alumni Nuris ini bernama Mohammad Ilham Fahmi Rusdi. Dia adalah lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan program keagamaan (PK) pada tahun 2019 silam. Usai menamatkan pendidikan madrasah aliyah, ia melanjutkan studi sarjana di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Pemuda kelahiran Jember, 15 Oktober 2000 tersebut melanjutkan studi sarjana di Malang usai dinyatakan lolos via jalur prestasi atau SPAN-PTKIN pada jurusan bahasa dan sastra Arab. Sebagai pelajar yang cerdas, ia tidak hanya sekadar kuliah, tetapi juga turut aktif di kegiatan organisasi seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

Bagi Ilham, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, “Ikut organisasi di PMII itu bukan hanya sekadar perkumpulan biasa, tetapi banyak pengalaman berproses yang tak didapatkan di bangku kuliah. Ini sebagai wadah menyalurkan bakat dan minat serta melatih mental bersosialisasi.”

(baca juga: Berawal Suka Pelajari Bahasa Arab hingga Akhirnya Lulus Cum Laude di UIN Sumatra Utara)

Keikutsertaan lelaki asal Wuluhan, Kabupaten Jember di PMII bukan sekadar sebagai anak bawang belaka. Ia mengerahkan tenaga dan pikiran sebagai wujud tanggung jawab dalam melatih mental leadership-nya. Meski dengan seabrek kesibukan studi sarjana, ia tetap mampu membagi waktu dengan baik sehingga perkuliahannya pun tak terbengkalai.

Terbukti, capaian indek prestasi kumulatif (IPK) Ilham terbilang memuaskan meski juga harus sibuk dengan kegiatan organisasi yakni, 3,12. Buah dari loyalitas dan potensi yang dimilikinya, kala RTAR (Rapat Akhir Tahunan Anggota Rayon) PMII Rayon Ibnu Aqil, ia dinobatkan sebagai calon ketua umum.

Tak pelak, saat pemilihan secara langsung ketua umum PMII rayon Ibnu Aqil pada tanggal 30 September 2021 lalu di Griya IMMAFA Kota Batu, pemuda yang hobi bermain alat musik dan membaca ini terpilih sebagai ketua umum. Ini menjadi tantangan dan tugas baru yang harus diemban Ilham selama setahun ke depan.

Bagi Ilham, menjadi pemimpin harus visioner dan mampu menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Kuliah tetap berjalan sebagaimana mestinya, amanah harus diletakkan di pundak untuk direalisasikan secara nyata.[AF.Red]

Nama                    : Mohammad Ilham Fahmi Rusdi
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Maliki Malang, jurusan bahasa dan sastra Arab

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil