mayouries@gmail.com 03315101602

Ketakwaan Membuka Pintu Rezeki

29 Desember 2022 Mayouries Dibaca 396 kali Bedah Buku
Ketakwaan Membuka Pintu Rezeki

لَوِ اتَّقَى أَهْلُ الْقُرَى وَءَآمَـــــنُوا            أَخْصَبَهُمْ رَبُّ الْـــــعُلاَ وَأَمِنُوْا

Jika penduduk beriman dan bertakwa
kehidupan akan makmur dan sentosa

Syarah:
Allah Swt Maha Benar dalam firmanNya. Siapa yang melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, akan Dia cukupkan segala-galanya. Ini sudah dijanjikan olehNya dan Allah Swt. tidak akan mengingkari janjiNya:

…وَمنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ؛ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ، إِنَّ اللهَ بَاِلغُ أَمْرِهِ، قَدْ جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (سورة الطلاق: 2-3)

…barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah Telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (Qs. Ath-Thalâq: 2-3)

(baca juga: Rukun-Rukun Bertobat)

Pada ayat yang lain, Allah Swt menceritakan tercabutnya berkah rizki dari penduduk suatu desa karena mereka meninggalkan ketakwaan:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى ءٰامَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰـتٍ مِنَ السَّمَآءِ وَاْلأَرْضِ، وَلـٰكِنْ كَذَّبُوْا فَأَخَذْنٰـهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ (سورة الأعراف: 96)

Jikalau saja penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi; tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya (Qs. Al-A’râf: 96)[AF.Editor]

*Terjemahan Kitab Tarbiyatus Shibyan oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad


Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil