mayouries@gmail.com 03315101602

Hati-hati dengan Hati Ayam, Banyak Sekali Manfaatnya Lho!

24 September 2022 Mayouries Dibaca 271 kali Informasi
Hati-hati dengan Hati Ayam, Banyak Sekali Manfaatnya Lho!

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Hati ayam merupakan makanan yang tinggi mengandung berbagai nutrisi penting, bahkan seringkali ahli kesehatan menyarankan untuk menjadikannya sebagai bagian dari diet sehat anak anak.Tingginya protein, berbagai mineral(fosfor dan zat besi), lemak, dan vitamin (B12, A, C, Niacin), jelas sangat dibutuhkan terutama bagi pertumbuhan Anak. Nah di artikel kali ini, kita akan bahas beberapa manfaat dari hati ayam, yuk simak!

Pertama, Mendukung Fungsi Otak. Manfaat hati ayam untuk kesehatan yang pertama adalah mendukung fungsi otak. Hal ini tak lepas dari kandungan ribovlavin atau vitamin B12 yang ada dalam hati ayam yang terbilang cukup tinggi. Vitamin B12 ini berperan penting dalam mendukung berbagai proses biologis dalam tubuh seperti mengolah energi dari makanan dan sintesis DNA.

Selain itu, vitamin B12 juga berfungsi untuk menguatkan sel-sel dalam tubuh yang sekaligus juga memperbaiki sel-sel yang terganggu. Manfaat hati ayam juga baik untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Tak heran jika kemudian mengonsumsi hati ayam dipercaya dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit gangguan saraf seperti demensia.

(Baca juga: Apa Itu Chickpea? Kecil-kecil Makanan Ini Kaya Manfaat Lho!)

Kedua, mencegah anemia. Manfaat hati ayam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Hal ini tak lain karena hati ayam kaya akan vitamin B12 dan zat besi. Kita semua tahu bahwa jika kita kekurangan kedua nutrisi tersebut maka kemungkinan kita mengalami anemia akan jauh lebih besar. Dalam hal ini vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan zat besi membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Ketiga, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Tak hanya dapat mengoptimalkan fungsi mata, manfaat hati ayam juga dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Pasalnya pada hati ayam terdapat selenium yaitu mineral yang bermanfaat mencegah berbagai penyakit berbahaya bagi jantung, seperti serangan jantung, kolesterol tinggi, dan stroke. Di mana menurut studi tahun 2015 pada jurnal Nutrient, selenium adalah komponen antioksidan yang mampu mengurangi risiko keracunan akibat kadar oksigen atau nitrogen yang berlebih dan mencegah terjadinya serangan jantung.

Keempat, Meningkatkan Fungsi Organ dan Kekebalan. Vitamin A yang terkandung dalam hati ayam memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengoptimalkan fungsi ginjal dan jantung. Hal ini tak lain karena vitamin A terlibat langsung dalam produksi dan kerja sel darah putih yang bertugas melawan kuman penyakit atau patogen yang menginfeksi tubuh. Sementara dalam mendukung kesehatan organ, vitamin A bisa membantu pembentukan sel dan menjaga fungsi jantung serta ginjal.

Kelima, Mengoptimalkan Fungsi Mata. Manfaat hati ayam untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mengoptimalkan fungsi mata. Sebab, hati ayam tak hanya mengandung vitamin B kompleks, tetapi juga kaya akan vitamin A yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi hati ayam dipercaya dapat mengurangi risiko kamu mengalami gangguan penglihatan akibat rabun atau pertambahan usia.

sumber gambar: hellosehat.com

Penulis merupakan siswa kelas XI MA Unggulan Nuris

 

Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil