mayouries@gmail.com 03315101602

Apa Itu Chickpea? Kecil-kecil Makanan Ini Kaya Manfaat Lho!

23 September 2022 Mayouries Dibaca 306 kali Informasi
Apa Itu Chickpea? Kecil-kecil Makanan Ini Kaya Manfaat Lho!

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Kacang arab atau yang dikenal dengan chickpea adalah kacang yang bentuknya kecil dan bulat mirip kemiri, lalu ujungnya runcing. Chickpea memiliki warna khas agak kuning.

Mengonsumsi chickpea bisa dengan cara mencampurkannya ke dalam salad atau ditumbuk sebagai campuran patty dengan paduan tepung dan kacang kedelai. Bisa juga dijadikan bubur menjadi hummus.

Meskipun ukurannya kecil mungil, chickpea punya banyak manfaat untuk tubuh lho! Yuk simak manfaatnya di bawah ini ya!

Pertama,chickpea atau kacang arab dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan berbagai mineral seperti magnesium dan potasium dalam kacang arab memiliki potensi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kacang ini juga mengandung vitamin B, serat, kalium, magnesium, zat besi, dan selenium yang mendukung kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Kedua, Dapat Mengontrol Nafsu Makan. Kandungan protein dan serat dalam kacang chickpeas dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, jadi nafsu makan Anda akan lebih terkontrol. Anda akan makan sedikit namun tetap merasa kenyang dan kebutuhan nutrisi serta energi tetap terjaga.

Ketiga, Membantu Mencegah Kanker. Kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel akibat radikal bebas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk konsumsi makanan tinggi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel. Kacang arab adalah satu makanan yang tinggi antioksidan. Jenis kacang ini juga tinggi akan selenium, saponin, dan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh.

Keempat, Melancarkan Pencernaan. Chickpeas mengandung serat yang larut dalam air sehingga dapat melancarkan pencernaan. Serat yang mudah larut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus. Keseimbangan bakteri sehat dalam usus juga dapat mencegah risiko penyakit pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar.

(Baca juga: Bisa Cegah Kanker, Ini Dia Sejuta Manfaat Buah Tin

Kelimaa, Menjaga Berat Badan Ideal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi chickpeas setiap hari akan menurunkan risiko obesitas hingga 53% serta berat badannya cenderung stabil daripada mereka yang tidak makan chickpeas. Selain itu, kandungan serat dan protein dapat mengontrol nafsu makan dan sistem pencernaan Anda dengan baik. Jenis kacang ini juga rendah kalori namun tinggi nutrisi. Bila Anda sedang menjalani program diet, cobalah masukan chickpeas sebagai salah satu menu makanan ringan Anda.

Keenam, Mengontrol Kadar Gula Darah. Manfaat kacang arab selanjutnya untuk mengontrol gula darah. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada 19 orang, konsumsi 200 gram chickpeas dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 21%. Chickpeas mengandung serat dan protein yang berperan untuk mengontrol gula darah. Asupan serat yang cukup dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga tubuh dapat melepaskannya secara perlahan. Anda tidak akan mengalami lonjakan kadar gula darah yang terkandung dalam karbohidrat. Selain itu, kacang arab juga termasuk dalam makanan rendah indeks glikemik.  

Nah itu tadi beberapa manfaat chickpea lho, bagi kalian yang belum pernah mencoba jangan ragu-ragu ya karena chickpea punya banyak manfaat di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: khichenofindonesia.com

Penulis merupakan siswa kelas XI MA Unggulan Nuris

 

Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil