mayouries@gmail.com 03315101602

Cerdas dan Kreatif, Siswa MA Unggulan Nuris Juara 3 OBI Tingkat Jawa Timur dan Bali

23 September 2021 Mayouries Dibaca 72 kali Prestasi
Cerdas dan Kreatif, Siswa MA Unggulan Nuris Juara 3 OBI Tingkat Jawa Timur dan Bali

Lewati Babak demi Babak dengan Fantastis, MA Unggulan Nuris Pertahankan Piala OBI 2021 di FKIP UNEJ

MA Unggulan Nuris JemberMA Unggulan Nuris Jember selalu punya talenta yang cerdas dan kreatif untuk memenangkan piala Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) tingkat Jawa Timur dan Bali. Kali ini Fatatul Afifah, siswa kelas XI IPA 1, berhasil mempertahankan tradisi juara ajang bergengsi OBI yang diselenggarakan oleh HIMABINA, FKIP, Universitas Jember pada tanggal 16 September 2021 lalu.

Sosok cerdas dan kreatif sangat layak disematkan kepada siswa MA Unggulan Nuris Jember tersebut. Pasalnya, di ajang OBI 2021 yang dikenal ketat dan kompetitif diikuti oleh lebih dari 600 peserta dari seluruh siswa SMA sederajat di daerah Jawa Timur dan Bali ini, mampu ditaklukkannya. Terbukti, babak demi babak dengan tantangan yang berbeda mampu dilibasnya.

 

Karena kondisi pandemi yang belum pulih, babak pertama dilalui secara daring dengan mengerjakan soal pilihan ganda terkait kompetensi bahasa Indonesia baik membaca, menulis, maupun menyimak. Setelah dinyatakan lolos ke babak semifinal, Fata, sapaan akrab remaja ini, harus membuat naskah orasi dan membuat video pembacaannya.

(baca juga: 3000 Santri, Siap Mengajar Saat Liburan)

Kemudian Fata mampu melewati babak semifinal dengan mulus, bahkan teman sekelasnya juga lolos ke babak final OBI 2021 yakni, Safrina Ila. Mereka harus berjuang lagi di babak final dengan menampilkan video mendongeng dan tema yang telah ditentukan oleh panitia.

“Lomba OBI ini benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Semua kompetensi bahasa Indonesia benar-benar dicek dengan detail dan bertahap. Jadi, mau tidak mau saya dan Safrina harus belajar keras untuk mencapai babak puncak. Parahnya lagi, waktu yang disediakan oleh panitia selalu mepet, saya pun harus syuting sampai larut malam.” Tukas Fata.

(baca juga: Saat Santri Putri Menjadi Mahasiswi untuk Negeri)

Perjuangan keras memang benar tak kan mengkhianati hasil. Berkat kedisiplinan dan doa yang tak putus, membuat perjuangan Fata sukses meraih juara 3 ajang OBI tahun 2021 tersebut. Gelar juara ini sekaligus mempertahankan prestasi MA Unggulan Nuris Jember di ajang OBI yang diraih pada tahun 2020 lalu yakni, juara 1 diraih oleh Weni Maftukhah, dan juara harapan 1 diraih oleh M. Zahron Afifuddin.

 

“Senang dan bangga tidak menyangka bisa juara. Tetapi sayang teman saya belum berhasil meraihnya. Saya ucapkan terima kasih atas capaian ini yang diumumkan pada tanggal 19 September 2021 lalu via zoom. Katanya pembina di MA, saya mempertahankan identitas juara lembaga, jadi tambah bangga semoga tahun depan siswa MA juga juara lagi.”[AF.Red]


                                                          hasil data pengumuman juara OBI tahun 2021

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil