mayouries@gmail.com 03315101602

Ar-Razi, Seorang Ilmuwan Islam Sedunia

16 Oktober 2021 Mayouries Dibaca 467 kali Informasi
Ar-Razi, Seorang Ilmuwan Islam Sedunia

Penulis: Maula Qorry Ainayya*

Siapa yang tak kenal dengan ilmuwan islam yang berbakat dalam ilmu kedokteran? nah,sahabat santri semua,bahwa ar-razi juga memiliki ilmu kimia,biologi dan sains.siapakah beliau?mari sahabat santri simak profil ilmuwan islam kedua setelah Ibnu Sina.

Abu Bakar Muhammad Bin Zakaria Ar-Razi atau lebih dikenal dengan Rhazes di dunia barat yang merupakan salah satupakar sains iran yang hidup antara tahun 864-930.beliau lahir pada tanggal 28 agustus 865 M dan meninggl pada tanggal 9 oktober 925 M.nama razi diambil dari kota rayy karena kota tersebut berada di lembah selatan jajaran daratan tinggi alborz yang berada di dekat teheran, Iran.

(Baca juga: Kesunahan Berjabat Tangan)

Sejak kecil,beliau pernah untuk menjadi penyanyi atau musisi tetapi beliau kemudian lebih tertarik kepada bidang alkemi.pda umur yang ke 30, beliau memutuskan untuk berhenti menekuni bidang alkemi karena berbagai eksprerimen yang beliu coba menyebabkan matanya menjadi cacat.kemudian beliau mencari dokter yang bisa menyembuhkan matanya dan dari sinilah beliau mulai mempelajari ilmu kedokteran.

Beliau belajar ilmu kedokteran kepada ali ibnu sahal at-tabari yang merupakan dokter serta filsuf yang lahir di merv.dulu,gurunya merupakan seorang yahudi kemudian masuk islam pada masa Khalifah Abbasiyyah. Ar-Razi kembali ke aaman kampungnya dan terkenal sebagai dokter di sana.kemudian di menjadi kepala rumah sakit di rayy pada masa kekuasaan mansur ibnu ishaq,penguasa samania.

Ar-razi  mempunyai beberapa bidang dalam ilmu kedokteran diantaranya:

1.cacar dan campak,beliau merupakan orang yang pertama kali membuat penjelasan seputar penyakit cacar.

2.alergi dan asma,beliau merupakan seorang ilmuwan yang menemukan penyait alergi asma dan ilmuwan yang pertama kali menulis tentang alergi dan imunologi.

3.farmasi, beliau yang mengkontribusikan membuat peralatan seperti,tabng,spatula dan mortar.

4.etika kedokteran,beliau mengemukakan  pendapatnya dalam bidang etika kedokteran.salah satunya adalah ketika beliau mengkritik dokter palsu dan tukang obat yang berkeliling di kota dan desa untuk menjual ramuan.

(Baca juga: Keutamaan Membaca Sholawat)

Itu merupakan beberapa bidang dalam kedokteran.ar-razi juga mempunyai buku-buku tentang bidang kedokteran diantaranya:

1.hidup yang luhur
2.petunjuk kedokteran untukmasayarakat umum
3.keraguan pada galen
4.penyakit pada anak.

Sumber gambar: islamkita.co

Penulis merupakan siswa kelas XI PK 3 MA Unggulan Nuris Jember yang aktif di eksrakulikuler jurnalistik.

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil