mayouries@gmail.com 03315101602

Santri Berprestasi Nasional ini Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude

13 Juni 2024 Mayouries Dibaca 188 kali Kolom Alumni
Santri Berprestasi Nasional ini Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude

Berharap Bisa Lanjutkan Pendidikan Magister, Kini Berkhidmah di Pesantren Nuris Jember

MA Unggulan Nuris Jember – Kabar membanggakan datang dari santriwati cerdas berprestasi nasional ini. Pasalnya, lulusan MTs dan MA Unggulan Nuris yang dikenal pandai baca kitab kuning dan kerap meraih juara bidang fahmil Qur’an ini berhasil meraih gelar sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember berpredikat cum laude.

Hilyatul Azhar Al-Hanifah, diganjar lulus dengan pujian usai merampungkan sidang skripsi berjudul “Self Control Terhadap Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) dalam Perspektif Hadis Kajian (Hadis Tematik)” di hadapan dosen penguji pada 07 Juni 2023 kemarin. Ia pun diganjar dengan skor Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,84. Luar biasa bukan?

“Sejak menempuh pendidikan di MA PK Nuris dan diajar oleh Ustazah Wardah Badriyah di pelajaran ilmu hadis, rasa kecintaan saya terhadap ilmu hadis itu muncul. Sehingga, itulah alasan saya mengapa mengambil jurusan ilmu hadis pada saat kuliah. Di mana kala itu, siswa yang mengambil jurusan tersebut terbilang masih sedikit.” Tutur Hilya, sapaan akrabnya.

(baca juga: Lulusan MA Unggulan Nuris ini Tuntaskan Kuliah Magister Berpredikat Cum Laude)

Talentanya dalam bidang fahmil Qur’an semenjak di MA Unggulan Nuris membuatnya sangat tekun dan disiplin dalam meningkatkan kompetensinya. Berbagai prestasi gemilang diraihnya sejak di Nuris. Bahkan saat di UIN Khas Jember, gadis asal Wuluhan, Jember ini juga pernah diamanahi sebagai ketua divisi Fahmil Qur’an ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies).

Capaian prestasi Hilya selama kuliah pun juga tak kalah mentereng. Ia pernah meraih juara harapan 3 musabaqah fahmil Qur’an (MFQ) tingkat Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam event OASE se-PTKIN seluruh Indonesia pada tahun 2023 lalu. Selain itu, ia pernah meraih juara 3 LKTI Nasional yang diadakan oleh HMPS Ilmu Hadis UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 2022.

Meski dengan seabrek kesibukan kuliah dan kegiatan prestasinya, ia juga dikenal aktif dalam keorganisasian program studi di kampusnya hingga diamanahi sebagai sekretaris bidang Litbang. Bagi Hilya, selain dunia akademik yang ia kejar sebagai dahaganya akan ilmu, ia juga harus melatih mental kepemimpinan dalam kegiatan organisasi.

Saat ini ia kembali mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember yang telah membesarkannya sebagai pembina ekstrakurikuler Fahmil Qur’an dan Pengajar di Kelas Peminatan Tahfizul Qur’an. Keinginan terbesarnya, ia ingin tetap berpetualang menngisi dahaganya akan ilmu hadis di jenjang magister. Konon, ia berharap kelak bisa mencapai impiannya untuk menjadi seorang dosen di masa depan. Semoga tercapai, amin.[AF.Red]

Nama                    : Hilyatul Azhar Al-Hanifah
Ttl                           : Jember, 24 Juli 2002
Alamat                 : Jl. Raya Ambulu, RT 003/RW 003, Desa Tamansari, Kec. Wuluhan, Kab. Jember
Hobi                      : Traveling
Cita-cita               : Dosen/Pengajar, Pengusaha
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2017; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2020
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Ilmu Hadis
Karier                    : Pembina Fahmil Qur’an di Nuris Jember

 

Sumber berita diambil dari pesatrennuris.net

 

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil