mayouries@gmail.com 03315101602

Pelajar MA Unggulan Nuris Juara 1 Esai Tingkat Nasional; Ungkap Perkembangan Program Tahfidz Kids Nuris

29 Januari 2024 Mayouries Dibaca 48 kali Prestasi juara 1 Esai tingkat nasional
Pelajar MA Unggulan Nuris Juara 1 Esai Tingkat Nasional; Ungkap Perkembangan Program Tahfidz Kids Nuris

Tertarik dengan Pengembangan Potensi Anak dalam Belajar Al Quran, Inspirasi Santri ini Menulis Esai

MA Unggulan Nuris Jember – Prestasi gemilang di bidang literasi kembali diraih oleh pelajar MA Unggulan Nuris. Kali ini, Laila Yasmine sukses meraih juara 1 Esai tingkat nasional dalam ajang Golden Islamic Competition, Indonesia yang diselenggarakan oleh Golden Islamic Organizer diumumkan pada tanggal 30 Desember 2023 lalu.

Pelajar yang kini duduk di kelas XII PK 1 MA Unggulan Nuris tersebut mengungkapkan gagasan esainya berjudul “Implementasi Metode Tabarak dalam Program Tahfidz, Kids di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember”. Melalui esainya tersebut, ia mampu bersaing bersama ratusan peserta lainnya hingga sukses dinyatakan sebagai pemenang pertama pada lomba ini.

“Awalnya saya memang tertarik sekali dengan program unggulan tahfiz di Pesantren Nuris Jember ini yang mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Apalagi saat ini juga cukup banyak santri cilik yang sangat semangat belajar Al Quran dalam program unggulan Tahfidz Kids di Nuris. Ini yang menginspirsi saya menulis esai.” Tutur Laila, sapaan akrabnya.

“Ya, kagum saja sejak kecil usia MI awal sudah banyak yang hafalan Al Quran. Mereka tampak tak ada beban, tetap banyak permainan di pesantren, tetapi hafalannya luar biasa. Ternyata dari berbagai metode yang digunakan di Tahfidz Kids didominasi dengan metode tabarak dengan sarana yang terbilang lengkap sehingga anak-anak sangat bersemangat.” Tuturnya.

Benar saja, perkembangan program unggulan tahfizul Quran di Pesantren Nuris Jember secara umum sangat pesat. Ini dapat dilihat dari banyaknya santri yang hafal khatam 30 juz dalam tiga tahun nyantri di lembaga MTs atau pun MA Unggulan Nuris. Dan juga cukup banyak santri cilik di Tahfidz Kis hafal Al Quran juz 30 hingga 10 juz.

(baca juga: Boyong 8 Medali Bidang Kebahasaan Puskanas Tingkat Nasional)

Selain soal banyaknya santri yang hafal hingga hatam 30 juz, banyak santri Nuris juga berprestasi di berbagai ajang MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) baik skala lokal maupun nasional. Bahkan, yang terkini ada santri program unggulan tahfidzul Quran yang mendapat hadiah umrah dari Bupati Jember, Hendy Siswanto, atas prestasinya sebagai delegasi kabupaten pada cabang lomba MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an).

Ning Balqis al Humairo, selaku Kepala MA Unggulan Nuris turut mengapresiasi capaian prestasi anak didiknya. “Alhamdulillah selamat dan sukses untuk Laila Yasmine atas prestasinya. Melalui esai yang dikarangnya bukan hanya sekadar bakat literasinya yang terasah dan diganjar prestasi, melainkan juga bisa menginformasikan keunggulan program tahfidz di Pesantren Nuris Jember.”

“Laila sudah kelas XII ternyata, semoga adik-adik kelasnya juga bersemangat seperti kakak kelasnya dalam berprestasi dan semangat belajar. Saya berharap perkembangan literasi siswa kami terus melesat dan membawa keberkahan.” Tutupnya.[AF.Red]

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil