mayouries@gmail.com 03315101602

KH Hasyim Asy’ari: Pahlawan Nasional dan Pendiri Nadhlatul Ulama (NU)

1 Oktober 2021 Mayouries Dibaca 45 kali Informasi
KH Hasyim Asy’ari: Pahlawan Nasional dan Pendiri Nadhlatul Ulama (NU)

 

Penulis: Citra Ramadhani*

KH Muhammad Hasyim Asy’ari yang biasa kita sebut dengan mbah Hasyim adalah seorang pahlawan nasional Indonesia pada abad ke-20 yang merupakan pendiri sekaligus rais akbar Nadhlatul Ulama (NU).

KH Hasyim Asy’ari ini lahir pada hari Selasa kliwon, 24 Zulqaidah 1287 H, bertepatan dengan tanggal 14 Februari1871 M, di Desa Tembokreji, Kabupaten Jombang tepatnya di Pesantren Gedang. Beliau menjadi anak ke-3 dari 11 bersaudara, putra dari pasangan KH Asy’ari dan Nyai Halimah.

(Baca juga: Sejarah Peringatan Hari Palang Merah Indonesia (PMI)

Semasa hidupnya KH Hasyim Asy’ari menuntut ilmu di Makkah sejak tahun 1893-1899. Beliau juga pernah di tunjuk sebagai guru di Masjidil Haram bersama beberapa ulama asal Indonesia lainnya.

Setelah bertahun-tahun di Makkah beliau memutuskan untuk pulang dan pada saat itu juga beliau mendirikan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang yang sampai saat ini menjadi Pondok Pesantren terbesar ke-5 di Indonesia.

(Baca juga:Gerakan Pemuda Semut

Perlu diketahui KH Hasyim Asy’ari selain sebagai ulama besar di Indonesia beliau juga termasuk salah seorang yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia beliau sangat menentang keras segala penjajahan Jepang terhadap Indonesia.

Sumber gambar: pecihitam.org

Penulis merupakan siswa kelas X PK 2 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

 

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil