mayouries@gmail.com 03315101602

Berawal dari Juara Khitobah hingga Sukses Raih Sarjana Pendidikan Bahasa Arab dengan Predikat Cum Laude

4 Februari 2022 Mayouries Dibaca 759 kali Kolom Alumni
Berawal dari Juara Khitobah hingga Sukses Raih Sarjana Pendidikan Bahasa Arab dengan Predikat Cum Laude

Manajemen Waktu dan Skala Prioritas Kunci Sukses Alumni ini Raih Gelar Sarjana di UIN Khas Jember

MA Unggulan Nuris Jember –  Selamat dan sukses untuk alumni Nuris yang satu ini atas capaian gelar sarjananya. Barangkali kesuksesannya meraih gelar sarajana kali ini adalah momentum yang paling mengesankan. Pasalnya, predikat cum laude di pundaknya adalah kebanggaan tersendiri. Bagaimana kisahnya? Kepoin dong profilnya!!!

Nama pemuda ini singkat namun sarat makna. Yes, he is Sulton. Ia lulusan MA Unggulan Nuris Jember, jurusan Program Keagamaan (PK), tahun 2017 silam. Setamat dari madrasah yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut, ia langsung melanjutkan studi sarjana di IAIN Jember—kini bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN Khas) Jember.

“Saya di UIN Khas Jember ambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan lolos lewat jalur SPAN PTKIN. Motivasi saya ambil jurusan ini, ya merasa senang belajar bahasa Arab. Apalagi dulu pernah meraih juara 2 khitobah di kampus yang kini jadi almamater saya.” Ungkap pemuda kelahiran Jember, 13 Januari 2000 tersebut.

(baca juga: Mengajar Jos, Memimpin Oke!)

Menjalani studi sarjana seraya mengabdi di Pesantren Nuris Jember, dijalani oleh Sulton dengan sepenuh hati. Bagi pemuda asal Gumelar, Balung, Jember tersebut, kuliah sambil berkhidmah sebagai wakil kepala asrama SMP memang tak mudah. Tetapi prinsip dan manajemen waktu yang tepat dalam menempatkan skala prioritas menjadi kunci keberhasilannya.

Nyantri di Pesantren Nuris Jember sejak MTs hingga MA membuat Sulton terbiasa dengan kesibukan yang berlipat ganda. Tak heran, saat kuliah pun sama sekali ia tak merasa kesulitan membagi waktu. Bahkan, target Sulton bisa bertugas di pesantren dengan amanah dan lulus tepat waktu akhirnya tercapai.

Skripsi berjudul “Analisis Kesulitan Membaca Kitab Taqrib pada Santri Kelas 3 Madrasah Diniyah SMP Nuris Jember” karya Sulton telah dipertanggungjawabkannya di hadapan dosen penguji. Perjalanan kuliah lelaki yang supel ini berjalan lancar nyaris tanpa kendala berarti. Ia pun resmi diwisuda dan meraih gelar sarjana pendidikan bahasa Arab dengan peedikat cum laude yakni, ber-IPK 3, 78.

“Bagi saya pantang menunda waktu apalagi tenggang waktu kuliah lambat atau terhambat. Tidak ada alasan berkhidmah di pesantren dan menunda kelulusan kuliah. Apalagi saya ada rencana kuliah pascasarjana sehingga saya harus bergelut dengan waktu untuk mengerjakan kewajiban sesuai porsinya dan tepat waktu.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama                    : Sulton
Lembaga              : MA Unggulan Nuris Jember, jurusan PK, tahun 2017
Kuliah                   : UIN Khas Jember, jurusan Pendidkkan Bahasa Arab


Sumber Berita : Pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil