mayouries@gmail.com 03315101602

Sabet Medali Perak dan Perunggu Bidang Fisika, Kimia, dan Biologi, Geliat Masa Depan Sains di Pesantren

17 November 2021 Mayouries Dibaca 458 kali Prestasi
Sabet Medali Perak dan Perunggu Bidang Fisika, Kimia, dan Biologi, Geliat Masa Depan Sains di Pesantren

Satu Siswa MA Unggulan Nuris dan Dua Siswa SMA Nuris Jember Sumbang Medali Bidang Sains yang Membanggakan

MA Unggulan Nuris Jember – Almamater Pesantren Nuris Jember semakin berkibar dengan prestasi membanggakan para santrinya. Yang terbaru, tiga santri terbaiknya sabet 3 medali bidang sains tingkat nasional di ajang Garuda Science Competition (GSC) yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang diumumkan secara daring pada 05 November 2021 lalu.

Kompetisi bidang mata pelajaran sains seperti olimpiade fisika, olimpiade kimia, dan olimpiade biologi ini berlangsung secara daring pada tanggal 24 Oktober 2021 lalu. Para peserta mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh panitia secara daring dengan kontrol kamera ponsel peserta sebagai pengawas dalam menjaga keaslian pengerjaan soal olimpiade.

Ketiga santri peraih medali tersebut yakni, Adelia Dwi W., (siswa kelas X IPA 1 MA Unggulan Nuris) sebagai peraih medali perak bidang fisika; Nurmala Nadiva (siswa kelas XI MIPA 1 SMA Nuris Jember) sebagai peraih medali perunggu bidang kimia; dan Lutfiatul Habibah (siswa kelas XI MIPA 1 SMA Nuris Jember) sebagai peraih medali perunggu bidang biologi.

(baca juga: Juara Baca Kitab Fatkhul Qorib, Prestasi Membanggakan Siswa MA Unggulan Nuris Jember)

Diana Retno W., selaku Waka Kurikulum SMA Nuris Jember turut mengapresiasi capaian prestasi siswa-siswanya. “Alhamdulillah dan tentu bangga bahwa siswa kami terus bersemangat dalam berkompetisi di bidang sains ini. Meski dengan seabrek kesibukan belajar baik di sekolah maupun pesantren, mereka tetap mampu kompetitif di berbagai perlombaan.”

“Ini semua berkat dukungan kepala sekolah yakni, Gus Robith Qoshidi, dan program pembinaan bakat minat bidang sains yang diwadahi melalui kegiatan ekskul MSains. Program sains mendapat porsi belajar sains lebih mendalam selain secara materi juga praktik sehingga mereka punya wawasan yang lebih. Salah satu prestasi ini adalah salah satu hasil dari pemprograman tersebut.” imbuhnya.

Selain capain prestasi medali yang diselenggarakan oleh POSI tersebut, saat ini pun terdapat dua siswa SMA Nuris Jember yang sedang berjuang dalam ajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional tingkat nasional yang berlansung sejak tanggal 7 s.d. 13 November 2021. Semoga mereka juga diberi keberhasilan. Ini sekaligus sebagai petanda geliat masa depan sains pesantren yang mulai bangkit.[AF.Red]

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil