mayouries@gmail.com 03315101602

Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan : “Budaya Sumunar Ing Tawang Bang Wetan"

19 Juni 2024 Mayouries Dibaca 71 kali Kegiatan Isra Mi’raj 1445 H : Gemilangkan Shalat Berjama’ah dan Tepat Waktu
Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan : “Budaya Sumunar Ing Tawang Bang Wetan"

 

Pada Selasa,18 Juni 2024 kemarin MA Unggulan Nuris Jember mengadakan kegiatan Pameran dan Bazar P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila). Dengan tema “Budaya Sumunar Ing Tawang Bang Wetan”, seluruh siswa-siswi MA Unggulan Nuris menghias stand bazar mereka dengan sekreatif mungkin. Kegiatan ini diawali dengan penampilan group hadrah siswa MA Unggulan Nuris yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah MA Unggulan Nuris. 

 

“Saya bersyukur dan bangga atas terealisasikannya kegiatan Pameran dan Bazar P5 ini. Suatu kegiatan yang memiliki banyak sekali pelajaran, pengalaman, juga manfaat untuk anak-anak. Beragam kuliner makanan dan minuman dari berbagai daerah tersaji. Stand jual mereka juga dihias sekreatif mungkin, hasil karya anak-anak juga banyak macamnya. Saya sangat bangga atas semua ini. Meski ini pertama kali kita mengadakan kegiatan P5 yang cukup besar, tapi sudah dapat seluar biasa ini hasilnya. Semoga kedepannya siswa-siswi MA Unggulan Nuris Jember dapat terus belajar, berkreasi, berprestasi juga percaya diri dalam menunjukkan beragam kemampuan dan karya-karyanya”, tutur Gus Abdurrahman Fathoni S.H M.Si dengan wajah takjubnya. 

 

Setelah sambutan, perwakilan dari masing-masing kelas/stand bazar diperkenankan untuk mempresentasikan menu yang dijual beserta tema stand yang diangkat. Semua selebrasi tampak begitu semangat pada saat presentasi. Setelah presentasi semua stand selesai, maka para pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling di area Pameran dan Bazar P5 MA ini. Setelah waktu jual beli di stand bazar selesai, seluruh siswa-siswi MA Unggulan Nuris berkumpul di Aula Dalsel bagian dalam untuk menonton berbagai pertunjukan dari Warga MA Unggulan Nuris. 

 

Penampilan-penampilan seperti drama, sing off, pantun, puisi, story telling, arabic song, juga silat yang tentunya menjadi hiburan bagi seluruh Warga MA Unggulan Nuris. Diakhir acara, juga diberikan reward kepada stand bazar kelas dengan penilaian kreatif, higienis, dan kesesuaian dengan tema. Juara I diraih oleh kelas XI PK 1, Juara II diraih oleh kelas XI IPA 1, dan Juara III diraih oleh kelas XI PK 2. Dengan adanya program P5 ini para pelajar dapat lebih berkarya dan memotivasi dalam mengunggulkan nama pancasila, menunjukkan kebhinekaan tunggal ika, dan lebih bisa berkreasi lagi membuat inovasi lain yang lebih menarik juga berlandaskan kearifan lokal bangsa dan rahmatan lil ‘alamin.

 

”Melelahkann tapi cukup terbayar dengan adanya penampilan yang bagus dan kreatif dan meskipun baru pertama kali, tetapi mereka bisa memanajemen waktunya  untuk kegiatan bazar di tengah-tengah aktifnya pembelajaran ataupun kegiatan di pesantren. Tujuan diadakannya bazar agar bisa melatih siswa  untuk berkomunikasi dengan baik di masyarakat, memberi kesempatan kepada siswa untuk menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil sehingga timbul rasa tanggung jawab, kerjasama ,dan saling menguntungkan”, tutur Ustadz Hidayatulloh S.Ag selaku salah satu pembina dan panitia kegiatan Pameran dan Bazar P5.  

(N.S Red)

 

 

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil