mayouries@gmail.com 03315101602

Berangkat Sudah, Peserta NSEP Ke 3 Negara

12 Februari 2024 Mayouries Dibaca 44 kali Berita NSEP 2024
Berangkat Sudah, Peserta NSEP Ke 3 Negara

MA Unggulan Nuris Jember - NSEP (Nuris Student Exchange Program) adalah program yang diadakan Nuris dari dahulu, tetapi dinon-aktifkan karena wabah Covid-19. Lalu, aktif kembali pada tahun 2023. NSEP merupakan program pertukaran pelajar untuk kelas XI dengan pelajar luar negeri, untuk mengenalkan peserta tentang budaya luar. Program NSEP berlangsung selama 30 hari dengan 25 hari di Thailand, 2 hari di Malaysia, dan 3 hari di Singapura.

Sebelum itu, terdapat program TSEP (Thailand Student Exchange Program) yang dilakukan. Sama seperti NSEP, TSEP merupakan program pertukaran pelajar asal Thailand ke Indonesia, lebih tepatnya PONPES Nuris. TSEP bertujuan untuk mengenalkan budaya dan wisata Indonesia ke pelajar Thailand. Pada tahun 2023/2024, TSEP mengirim 5 pelajar menuju PONPES Nuris untuk menuntut ilmu dan hal – hal baru.

Sekitar pukul 16:30 WIB, bertempat di Baitunnur, pelepasan Pelajar NSEP tahun 23/24 dilaksanakan. Dihadiri oleh Kiai Muhyiddin Abdusshomad dan jajaran pengasuh serta pengurus, juga seluruh santri Nuris. Acara dimulai dengan Rothibul Haddad, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dan sedikit ceramah dari Gus Robith Qoshidi Lc., dan ditutup dengan doa oleh Kiai. Diakhir pelepasan peserta NSEP didampingi oleh Gus Rahmatullah Rijal S.Sos dan Ning Hasanatul Kholidiyah S.Pd di suasana yang meriah.

(Baca juga: EXPO Campus 2024: Jalan Cerah Untuk Calon Mahasiswa Baru)

Menurut M. Ja’far Aqila, “Saya merasa senang pergi ke luar negeri, apalagi dengan acara ini. Selama ini saya baru pertama kalinya pergi keluar negeri, karena itu saya sangat antusias”. Ungkapnya.

“Kami semua sudah diajarkan saat pembekalan NSEP. Jadi, tinggal dipraktikkan saat dilokasi”, jawabnya saat ditanya tentang kesiapan untuk NSEP. Ia juga melanjutkan, “Saya harap adik-adik kelas saya dapat mengikuti juga program NSEP ini”.

Menurut Bapak Nurul Huda sebagai salah satu orang tua pelajar NSEP, “Wawasan anak-anak terkadang cuma di dalam negeri saja, tetapi dengan adanya program NSEP ini, menjadikan anak- anak juga faham akan dunia. Konsep NSEP telah berjalan bertahun–tahun dan juga membawa nama besar Ponpes Nuris. Oleh karena itu, pastinya telah dipersiapkan dengan baik akan tetapi bila ada kendala maka berada di luar konsep yang telah dipersiapkan”. Beliau memberikan penilaian bagus terhadap Nuris dan program NSEP dan menambahkan lagi, “acara ini tiap tahun meriah dan terus bertambah pesertanya”. (Rur/Dit/Wan.Red) 

 

Sumber berita diambil dari pesatrennuris.net

 

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil