mayouries@gmail.com 03315101602

Dari Cita Pekerja Sosial hingga Sukses Tembus SNBP di UNEJ pada Jurusan IKS

16 Januari 2024 Mayouries Dibaca 62 kali Kolom Alumni UNEJ, IKS
Dari Cita Pekerja Sosial hingga Sukses Tembus SNBP di UNEJ pada Jurusan IKS

Adaptif dengan Lingkungan Kunci Sukses Hadapi Tantangan Kesejahteraan Sosial Global

MA Unggulan Nuris Jember – Dikenal militan dan suka dengan kegiatan sosial membuat alumni Nuris yang satu ini bercita mendalami Ilmu Kesejahteran Sosial (IKS) saat studi sarjana. Bak gayung bersambut, ia dinyatakan lolos jalur prestasi atau dikenal dengan SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) di Universitas Jember (UNEJ).

Alea Cahyatun Najwah, santriwati cerdas ini mantap menjalani studi sarjana di UNEJ setelah menamatkan studi di MA Unggulann Nuris Jember, Jurusan PK (Program Keagamaan), tahun 2023 lalu. Baginya, keinginan menjadi tenaga pekerja sosial yang mumpuni harus memiliki ilmunya agar arah dan prioritas yang diamanahkan tepat sasaran.

“Keinginan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, memberikan kontribusi yang positif pada masyarakat dan memahami serta mengatasi tantangan sosial. Selain itu, minat saya dalam advokasi, pemberdayaan masyarakat. Hal ini yang menjadi alasan pemilihan jurusan kuliah saya.” Tutur Najwah, sapan akrabnya.

(baca juga: Gapai Impian Kuliah di UIN Maliki Malang )

Meski sempat kaget dengan atmosfer akademis yang ada di kampus cukup padat daripada di madrasah sebelumnya, gadis kelahiran Jember, 15 Oktober 2004 ini berusaha adaptif dengan cepat. “Seorang pekerja sosial harus mampu memahami dengan cepat setiap sikon yang ada. Sejak kuliah ya, harus dibiasakan. Bahkan sejak nyantri sudah saya lakukan pula sebenarnya hanya saja polanya berbeda sedikit.” Tuturnya.

Menjalani studi sarjana di kampus sekaliber UNEJ membuatnya selalu bersyukur sebab tak banya orang memiliki banyak kesempatan seperti yang ia dapatkan sekarang. Sekarang pemudi asal Kesilir Wuluhan Jember ini berusaha belajar sedisiplin mungkin agar dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Oa berharap mendapat keberkahan dan kelak bisa mewujudkan impiannya.

Moto yang dipegangnya dengan teguh adalah “motivasi tanpa aksi hanyalah halusinasi”. “Sudah saatnya yang muda-muda berkreasi, hadapi tantangan dengan ilmu dan keteguhan impian dalam sanubari. Semoga keberkahan selalu menyertai, kelak bisa jadi bagian pemerintah dalam kerja sosial dan kemaslahatan umat.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Alea Cahyatun Najwah
Ttl                          : Jember, 15 Oktober 2004
Alamat                 : Kesilir, Wuluhan, Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS)

 

Sumber berita diambil dari pesatrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil