mayouries@gmail.com 03315101602

Termotivasi Guru dan Buktikan Pentingnya Pertanian, Kuliah di UNEJ Usai Lolos Jalur Prestasi

9 November 2023 Mayouries Dibaca 179 kali Kolom Alumni
Termotivasi Guru dan Buktikan Pentingnya Pertanian, Kuliah di UNEJ Usai Lolos Jalur Prestasi

Di Masa Depan Petani Indonesia harus Modern, Lebih Produktif, dan Unggul

MA Unggulan Nuris Jember – Kuliah jurusan Agroteknologi di Universitas Jember (UNEJ) usai dinyatakan lolos jalur prestasi atau dikenal dengan SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023 merasa tertantang. Pasalnya, sempat dianggap remeh, tetapi ia justri semakin mantap ingin membuktikan pentingnya sektor pertanian dan peluang karier yang cemerlang di masa depan.

Muhammad Anja Fuadi, nama lengkap santri asal  Jalan Lojejer, RT. 001 RW. 011 Dusun Kebonsari Desa Tamansari Wuluhan Jember ini menyatakan kemantapan hatinya menjalani studi sarjana di UNEJ pada Jurusan Agroteknologi. Mulanya, ia teringat ucapan gurunya sejak SMP bahwa sector pertanian tidak akan pernah mati selama manusia butuh makan.

“Ucapan guru saya tersebut memotivasi saya untuk memilih jurusan agroteknologi dimana akibat dari semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia membuat lahan pertanian semakin berkurang dan tenaga kerja muda (petani muda juga berkurang) maka dari itu dibutuhkan pemahaman-pemahaman tentang teknologi pertanian yang dapat membantu mengurangi tenaga dari petani, tetapi dapat meningkatkan jumlah produksi.” Tutur Anja.

(baca juga: Dalami Ilmu Tafsir di University of Jordan, Lulusan MA Unggulan Nuris kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana di Turki)

Bagi pemuda kelahiran Jember, 04 Desember 2004 ini tak ada alasan untuk tak turut berbangga menikmati hari-hari perkuliahannya saat ini. Meski sempat merasa kaget saat beradaptasi dengan kesibukan studi sarjana yang lebih ketat daripada saat masih di MA Unggulan Nuris. Hal ini menjadi pengalaman baru yang harus disyukuri.

Selain visi prospektif dan optimismenya terhadap dunia pertanian, Anja menuturkan memang hobi merawat tetanaman. Sebagai pribadi yang empatik, ia berharap mendapat banyak ilmu dan pengalaman praktis soal bagaimana menjadi bagian generasi milenial yang suka “bertani”. Ia ingin mengubah image petani yang kumuh, kotor, dan tak menjanjikan itu.

“Menurut saya sudah saatnya bangsa kita bisa andil dalam kemajuan bangsa melalui sektor pertanian ini. Petani modern nantinya bekerja dengan teknologi pertanian sebagai alat pembantu produksi pertanian.  Dimana sebenarnya sektor pertanian dapat mengangkat perekonomian negara jika mereka memanfaatkan potensi sumber daya alam yang hanya di miliki Indonesia.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama                    : Muhammad Anja Fuadi
Ttl                           : Jember, 04 Desember 2004
Alamat                 : Jalan Lojejer, RT. 001 RW. 011 Dusun Kebonsari Desa Tamansari Wuluhan Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Agroteknologi   

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil