mayouries@gmail.com 03315101602

Ini Dia Tujuh Manfaat Mengonsumsi Air Putih

17 November 2022 Mayouries Dibaca 381 kali Informasi
Ini Dia Tujuh Manfaat Mengonsumsi Air Putih

Penulis: M. Alawy Farhan *

Air merupakan bagian terpenting bagi manusia, mengapa begitu? sebagian besar dari tubuh manusia adalah air, tanpa adanya air manusia akan megalami dehidrasi dan dapat mengalami kematian yang lebih cepat daripada kekurangan makanan. Air berfungsi sebagai alat untuk mentransportase mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya keseluruh tubuh. Tubuh manusia akan sangat membutuhkan air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh,sendi-sendi,tulang, dan otot.

Mengkonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, mengurangi rasa lapar, serta dapat memperbaiki fungsi hati untuk memecah dan melepas lemak. Apabila kekurangan air, dapat menyebabkan konstipaso, infeksi saluran kemih, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, dan masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Berikut beberapa manfaat air bagi tubuh:

Pertama, Air melindungi tulang belakang dan sendi. Air dapat menjaga jaringan tubuh agar tetap lembap,menurut laman Mayo Clinic. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi membantu untuk mempertahankan tingkat kelembapan di area tubuh, seperti darah, tulang, otak, dan jantung. Air juga dapat menjaga sumsum tulang belakang, dan bertindak sebagai pelumas atau bantalan bagi persendian.

Kedua, Air Membantu Tubuh Untuk Membuang Limbah. Asupan air yang cukup dapat memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan limbah tubuh melalui keringat, air kemih, dan buang air besar. Selain itu air juga dapat membantu ginjal untuk membuang limbah dari darah, juga dapat menjaga pembuluh darah yang mengalir menuju ginjal.

Ketiga, Air Membantu Pencernaan. Air juga sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Air dapat membantu memecahkan makanan yang kita makan, agar dapat diserap oleh tubuh. Setelah kita minum, bagian usus kecil dan besar menyerap air untuk digunakan memecah nutrisi. Air juga digunakan untuk mambantu mencerna serat larut.

(Baca juga:Rebut 10 Medali Bidang Bahasa Ajang Kompetisi Siswa Braindicator 2022)

Keempat, Air Mencegah Dehidrasi. Saat tubuh kita kekurangan cairan, kita akan merasa lemas. Seperti saat melakukan olahraga berat, berkeringat di udara panas, atau tertular penyakit yang menyebabkan mutah atau diare. Jika kita mengalami seperti ini, maka sebaiknya kita untuk segera meningkatkan asupan cairan, agar dapat mengembalikan tingkat hedrasi alami tubuh.

Kelima, Air Membantu Fungsi Otak. Air dapat membantu fungsi otak agar tetap optimal.Penelitian menunjukan bahwa dehidrasi merupakan hambatan untuk memori, perhatian, dan energi. Tidak heran jika H2O membentuk 75% dari otak.

Keenam, Air menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular. Air merupakan bagian terpenting dalam darah kita. Jika kita mengalami dehidrasi, otomatis darah kita menjadi pekat yang dapat menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit pada tubuh kita. Elektrolit pada tubuh kita dibutuhkan untuk fungsi otot dan jantung. Dehidrasi dapat juga menyebabkan volume darah menjadi lebih rendah dan mengakibatkan tekanan darah menurun, sehingga kita akan merasakan pusing.

Ketujuh, Membentuk Air Liur Dan Lendi. Manfaat air dalam kehidupan kita selanjutnya yaitu tentang liur dan lendir. Mengapa begitu?, air liur dapat membantu kita untuk mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap selalu lembab. Manfaat air juga untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Sumber gambar: beritagar.id

Penulis merupakan siswa kelas XI PK 2 MA Unggulan Nuris yang aktif dalam ekstrakurikuler jurnalistik


Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil