mayouries@gmail.com 03315101602

Lulusan MA Unggulan Nuris Asal Thailand Dalami Ushuludin Di Universitas Al Azhar Mesir

19 September 2022 Mayouries Dibaca 233 kali Kolom Alumni
Lulusan MA Unggulan Nuris Asal Thailand Dalami Ushuludin Di Universitas Al Azhar Mesir

Dari Doyan Menulis Syair hingga Ingin Memperkuat Pemahaman Agama dan Pengalaman ke Negeri Mesir

MA Unggulan Nuris – Termotivasi kuliah ke negeri para nabi, Mesir, sejak berada di MA Unggulan Nuris, alumnus MA Unggulan Nuris ini akhirnya mampu mencapai cita-cita tersebut. Sempat mengabdi di sebuah sekolah dasar selama setahun terakhir hingga kini mulai beradaptasi dengan suasana Kairo yang berpasir dan cukup hangat di Bulan Juni ini.

Santri Pesantren Nuris Jember ini bernama Tajree bin Suyia atau lebih dikenal dengan nama Tajree Sulong saat menjalani studi menengah atas di MA Unggulan Nuris. Ia menamatkan studi di madrasah yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut pada tahun 2020, pada program studi keagamaan (PK).

“Sejak di MA Unggulan Nuris saya mulai tertarik belajar ke Mesir. Lihat beberapa alumninya yang sudah belajar di sana membuat saya berdecak kagum dan juga ingin ke sana belajar budaya, bahasanya, juga tentu ilmu agamanya. Apalagi Universitas Al Azhar adalah salah satu kampus tertua di dunia yang banyak mencetak ulama.” Tutur Tajree.

(baca juga: Diamanahi Pengurus MHQ Pesantren, Dalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember)

“Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama di Indonesia ketika belajar di MA Unggulan Nuris. Dari situ saya juga terbiasa belajar beradaptasi ketika sekarang baru bisa mencapai impian saya kuliah di Mesir. Kesannya ya sama saat awal berada di Indonesia, di sini saya juga beradaptasi lagi.” imbuh lelaki kelahiran Yala, 18 September 2001 tersebut.

Ia berada di Mesir sejak tanggal 29 Maret 2022. Sebelum ia bisa sampai kuliah di sana seperti saat ini, ia sempat mengabdi di sekolah dasar sambil kuliah di Pattani, Thailand. Seraya mempersiapkan diri dan mempelajari ulang ilmu yang telah ia dapatkan di MA Unggulan Nuris hingga akhirnya ia mampu melewati serangkaian proses seleksi dan fiks jadi mahasiswa Al Azhar, Kairo, Mesir.

“Saya ingin fasih berbahasa Arab. Sekarang mulai membiasakan diri, bergaul dengan banyak orang di Mesir. Satu hal yang seru bahwa di Mesir sudah biasa jalan kaki hingga berkilo-kilo tak seperti di Thailand atau di Indonesia. Bagi saya ini pengalaman yang menarik. Mohon doanya, saya bisa belajar dengan lancar sampai lulus di Mesir.” Tutup pemuda yang suka menulis syair ini.[AF.Red]

Nama                    : Tajree Sulong
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2020
Kuliah                   : Universitas Al Azhar Mesir, Jurusan Ushuludin

 

Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil