mayouries@gmail.com 03315101602

Usai Khatamkan Hafalan 30 Juz Al Quran, Alumni Ini Hijrah Ke Papua

19 Maret 2022 Mayouries Dibaca 188 kali Kolom Alumni
Usai Khatamkan Hafalan 30 Juz Al Quran, Alumni Ini Hijrah Ke Papua

Jadi Guru di Nabire, Alumni Ini Kuliah Sembari Mengajar

MA Unggulan  Nuris Jember - Kecil-kecil cabe rawit, siapa sangka alumni MA Unggulan Nuris ini sudah khatam hafalan 30 jus Al Quran lho! Tak hanya itu, saat ini dia aktif sebagai mahasiswa di STAI Asy-Syafi’iyah Nabire Papua dan aktif mengajar di SD dan SMP di sana. Wah penasaran? Yuk intip profil lengkapnya.

Aushofi Zakiyatul Fauziyah, atau yang akrab dipanggil Aushofi ini merupakan alumni MTs Unggulan Nuris lulusan tahun 2017 dan MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2019. Ketika menjadi santri di Pesantren Nuris Jember, Aushofi memang sudah aktif mengikuti program tahfidz reguler.

(Baca juga: Terinspirasi Sang Ibunda, Pilih Kuliah PGMI)

Setelah lulus ia tak lantas melanjutkan kuliahnya, ia memutuskan untuk fokus menghafal AlQuran di Pondok Al-Hikmah Kesilir Wuluhan.  

“Setelah lulus dari Nuris saya memutuskan untuk melanjutkan mondok, dan fokus hafalan. Ketika di Nuris saya sudah hafal 12 jus, dan ketika di Al Hikmah saya terus lanjut hafalan, setahun di sana alhamdulillah saya bisa khatam dan di wisuda 2 Maret 2020 lalu,” ungkapnya.

Setelah menghatamkan Al Quran, Aushofi lantas mengikuti keluarganya hijrah ke Nabire Papua. Di sana ia lalu melanjutkan pendidikannya di jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syafi’iyah Nabire Papua.

“Awalnya saya kuliah di sini karena inisiatif sendiri, karena di sini satu-satunya kampus islam di Nabire,” ungkapnya.

Ia juga mengaku sedikit mengalami kesulitas dalam berkomunikasi dengan masyarakat setempat. “Kalau sama penduduk asli sini saya masih merasa kesulitan dalam berkomunikasi misalnya, karena logat mereka yang asing dan terkesan cepat didengar. Tetapi kalau dalam pertemanan, alhamdulillah saya tidak merasa kesulitan karena mayoritas teman saya keturunan orang Jawa, juga rekan ngajar dan siswa saya penduduk Jawa semua,” ungkapnya.

(Baca juga:Suka Bahasa Inggris Sejak Kecil, Alumni Ini Kini Jadi Mahasiswa Bahasa Inggris)

Untuk informasi, selain menjadi mahasiswa aktif Aushofi juga kini sudah mulai mengajar di SD Plus Al Madina, SMP Al Madina Berbasis Pesantren.

“Alhamdulillah saya bisa sembari mengajar sambil kuliah, mungkin barokanya mondok, saya mudah dapat kerja, meskipun belum sarjana. Dan untuk membagi waktu di sini kuliahnya sore, jadi pulang ngajar, masih ada waktu persiapan kuliah,” ungkapnya.

“Harapan saya kedepannya, semoga saya bisa bermanfaat bagi masyarakat di Nabire. Karena saya lihat masyarakat di Nabire masih minim pengetahuan agamanya,” ungkapnya.

Semangat dan sukses selalu ya kariernya. [Red.Dev]

Nama: Aushofi Zakiyatul Fauziyah
Alamat: Girimulyo Nabire
Tempat, tanggal lahir: Jember, 18 Februari 2003
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2017 dan MA Unggulan Nuris, 2020
Kuliah: di jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syafi’iyah Nabire Papua.


    Potret Aushofi Mengenakan Jaz Almamater Kampusnya


          Aushofi Ketika Wisuda Al Quran


Sumber Berita : disarikan dari website pesantrennuris.net

 

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil