mayouries@gmail.com 03315101602

Ungkap Kepemimpinan Kiai dalam Skripsi dan Diapresiasi Penguji, Raih Titel Sarjana di Masa Pandemi

21 September 2021 Mayouries Dibaca 57 kali Kolom Alumni
Ungkap Kepemimpinan Kiai dalam Skripsi dan Diapresiasi Penguji, Raih Titel Sarjana di Masa Pandemi

Bersyukur Bisa Lulus Tepat Waktu, tak hanya itu Alumni Nuris ini Raih IPK Summa Cum Laude

MA Unggulan Nuris Jember Alumni Nuris ini terbilang sukses menggapai impian meraih titel sarjana meski sempat terseok karena dera pandemi yang berkepanjangan. Justru semangatnya semakin membara, apalagi topik penelitian dalam skripsinya dapat apresiasi dari dosen sehingga alumni Nuris ini mampu tuntaskan sidang dengan mengagumkan.

Barangkali ada yang mengenal sosok cerdas yang satu ini? Yes, Salsabila namanya. Dia lulusan MA Unggulan Nuris Jember, jurusan PK (Program Keagamaan),  tahun 2017 silam. Usai menamatkan studi menengah atas di lembaga yang berada di Pesantren Nuris Jember tersebut, dia melanjutkan studi sarjananya di Universitas Islam Negeri KH. Achmad Sidik Jember (UIN Khas).

Setelah dinyatakan lolos lewat jalur UM-PTKIN, prodi manajemen pendidikan Islam, gadis kelahiran Jember, 29 Juli 2003 tersebut bergegas menjalani studi sarjana dengan penuh semangat. “Tentu saya bersemangat kuliah di sini dengan jurusan yang memang saya impikan. Saya tertarik dengan dunia manajemen dan benar-benar ingin mendalaminya.” Tutur Salsabila.

(baca juga: Selamat dan Sukses, Alumni MA Unggulan Nuris Dilantik Jadi Ketua Rayon)

Tak pelak, pemudi asal Jatimulyo, Jenggawah, Jember ini menjalani hari demi hari kuliah nyaris tanpa kendala apa pun. Meski sempat nyambi mondok di Ma’had Syaifuddin Zuhri selama setahun, dan selebihnya di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Khozini kala kuliah, sama sekali tak mengganggu fokus studi sarjananya.

“Saya memang lebih enak berada di pesantren selama kuliah ketimbang kos biasa. Saya kan memang terbiasa di pesantren sejak di Nuris jadi tak kaget lagi dengan kesibukan di pesantren dan sekolah atau kuliah. Bahkan ini semakin membangkitkan semangat saya untuk lekas selesai kuliah dan membagi waktu yang tepat.” Imbuh gadis yang konon hobi memasak ini.

Ketika penulisan skrispi, dengan berani Salsabila ambil topik yang cukup menantang. Dengan penuh ketekunan, skripsi berjudul “Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Pengembangan Nilai Budaya Religius di Pondok Pesantren Putri Al Khodijah Kesilir Wuluhan Jember” akhirnya tuntas dan diparesiasi cukup tinggi oleh dewan dosen penguji.

Predikat lulusan summa cum laude pun berhak dipegang oleh gadis yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) 3, 90 ini. “Bersyukur atas capaian hingga berada di titik ini. Semua berkat doa dan restu orang tua, kiai, guru, dan dukungan teman-teman. Semoga ilmu yang selama ini saya dapatkan berkah dan bernilai manfaat.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Salsabila

Lembaga              : MA Unggulan Nuris Jember, jurusan PK, tahun 2017

Kuliah                   : UIN Khas Jember, Manajemen Pendidikan Islam

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil