mayouries@gmail.com 03315101602

Inovasi Biogas sebagai Sumber Energi Masa Depan Karya Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara 2 di Universitas Pertamina Jakarta

31 Desember 2021 Mayouries Dibaca 798 kali Prestasi
Inovasi Biogas sebagai Sumber Energi Masa Depan Karya Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara 2 di Universitas Pertamina Jakarta

Geliat Karya Inovasi Siswa MA Unggulan Nuris Jember, Bentuk Kepedulian Santri untuk Kemajuan Negeri

MA Unggulan Nuris Jember –  Semangat terus menerus tak berhenti kibarkan bendera prestasi membanggakan di kancah nasional. Yang terbaru, tiga siswanya mampu meraih juara 2 Essay Chemical Engineering Festival atau dikenal Che-Fest 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina, Jakarta pada 17 Desember 2021 kemarin.

Perlombaan yang berlangsung secara daring ini terlaksana sejak tanggal 09 Desember 2021 lalu. Melalui gagasan karya esai berjudul “COFIREIN (Coastal Fish Biogas Reactor Installation) sebagai Bahan Bakar Alternatif di Masa depan dengan Menggunakan Konsep Pendekatan Wilayah Kabupaten Jember Energi”, M. Ramadhani Rahman (XI IPA 1); M. Azhar Zanky Dhausad (XI IPA 1); dan M. Ilham Zhamir (X IPA 1) mampu menyisihkan puluhan peserta lainnya.

“Kami tentunya tak berhenti bersyukur atas capaian prestasi ini. Meski kemarin berbarengan sibuk ujian akhir semester ganjil, kami tetap profesional dalam menuntaskan kegiatan lomba bergengsi ini sebaik mungkin. Alhamdulillah dapat juara 2.” Tutur M. Ramadhani Rahman, selaku ketua tim KIR MA Unggulan Nuris Jember tersebut.

(baca juga: Siswa MA Unggulan Nuris Sabet Juara LKTI Tingkat Nasional pada Dua Kategori di Universitas Brawjiaya Malang)

Menurut Rahman, sapaan akrab siswa kelas XI IPA 1 tersebut, “Dasar gagasan ini muncul berdasarkan fakta dan realita sumber kekayaan alam Jember yang melimpah yang salah satunya adalah ikan. Limbah tulang ikan atau bagian yang tak terpakai dapat diolah kembali sebagai biogas yang menjadi cikal bakal sumber energi alternatif.”

Berangkat dari kenyataan kekayaan alam Jember yang konon kurang dimaksimalkan ini, tiga siswa inovatif MA Unggulan Nuris Jember berupaya mengembangkan ide dalam mewujudkan bangsa mandiri energi. Mereka berharap di masa depan gagasan ini dapat diaplikasikan sebagai salah satu upaya mewujudkan ketersediaan sumber energi yang ramah lingkungan.

Latifah Muzayyana, Waka Kurikulum MA Unggulan Nuris Jember turut berkomentar, “Kami sangat mendukung kegiatan inovasi dan literasi siswa kami. Ini karya esai yang mengagumkan terkait isu energi yang mengglobal saat ini. Sebagai predikat madrasah literasi, MA Unggulan Nuris Jember harus konsisten dalam mencetak generasi inovatif dengan gagasan yang cemerlang.”[AF.Red]




Foto tangkapan layar pengumuman juara Che-Fest 2022 Universitas Pertamina Jakarta via surat elektronik

Sumber Berita : Pesantrennuris.net

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil